Dishub Kota Samarinda Rilis Aplikasi SISTER’S untuk Meningkatkan Pengelolaan Penerangan Jalan Umum

Jurnalborneo.com

Peluncuran Aplikasi Sister's dari Dishub Untuk Penerangan Jalan Umum. Senin (24/07/2023)
Peluncuran Aplikasi Sister's dari Dishub Untuk Penerangan Jalan Umum. Senin (24/07/2023)

SAMARINDA – Dalam upaya meningkatkan pengelolaan penerangan jalan umum di wilayahnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Samarinda telah meluncurkan aplikasi terbaru bernama SISTER’S (Sistem Informasi dan Sinergitas Pengelolaan LPJU Penerangan Samarinda). Peluncuran aplikasi ini menjadi langkah maju dan penting bagi Kota Samarinda, berlangsung di kantor Dishub yang berlokasi di Jalan MT Haryono Sungai Kunjang pada Senin, 24 Juli 2023.

Aplikasi SISTER’S merupakan inovasi teknologi yang bertujuan mempermudah dan meningkatkan kemampuan pengelolaan serta pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di wilayah Samarinda. Dengan dilengkapi fitur-fitur canggih dan antarmuka yang mudah digunakan, aplikasi ini diharapkan memberikan solusi efektif dalam menangani berbagai permasalahan terkait penerangan jalan di Kota Samarinda.

Salah satu fitur unggulan dalam aplikasi SISTER’S adalah kemampuannya untuk memonitor status dan kinerja setiap lampu penerangan secara waktu sebenarnya (Real Time) di seluruh kota. Dengan informasi yang akurat ini, para petugas pemeliharaan dapat merespons dengan cepat jika terdapat gangguan atau kerusakan pada LPJU. Selain itu, aplikasi SISTER’S juga memberikan akses bagi masyarakat untuk melaporkan masalah terkait penerangan jalan melalui aplikasi dengan pelaporan yang user-friendly.

Walikota Samarinda, Andi Harun, menyampaikan kegembiraannya terhadap peluncuran aplikasi ini. Beliau mengungkapkan bahwa masyarakat dapat melaporkan lampu jalan yang tidak menyala dengan mudah melalui pemindaian barcode yang terdapat pada tiang lampu tersebut. Ia juga menegaskan bahwa peluncuran aplikasi SISTER’S adalah bentuk komitmen pemerintah Kota Samarinda dalam memanfaatkan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengelolaan penerangan jalan kota, serta memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh warga.

Aplikasi SISTER’S tidak hanya ditujukan untuk instansi pemerintah, tetapi juga terbuka bagi partisipasi masyarakat umum. “Setiap warga Samarinda dapat dengan mudah mengakses informasi tentang penerangan jalan di sekitar tempat tinggal mereka, serta memberikan kontribusi aktif dalam menjaga keberlangsungan sistem penerangan yang lebih baik,” kata Andi Harun usai meresmikan aplikasi SISTER’S.

SISTER’S telah dirancang dengan integrasi teknologi Smart City untuk menghadapi masa depan, yang akan semakin mengoptimalkan pengelolaan infrastruktur kota. Aplikasi ini akan terus diperbarui dan ditingkatkan berdasarkan masukan dari pengguna, sehingga tetap relevan dan bermanfaat bagi seluruh warga Samarinda.

Dengan semangat baru dalam pengelolaan penerangan jalan, Kota Samarinda siap melangkah menuju masa depan yang lebih cerah, modern, dan berkualitas tinggi. Aplikasi SISTER’S menjadi bukti nyata komitmen pemerintah kota dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penulis:

Hastag: