Kepala Otorita IKN dampingi Menko Marves Tinjau Progres Pembangunan IKN

Jurnalborneo.com

Menko Luhut mengawali kunjungannya ke Titik Nol Nusantara untuk berdiskusi dengan Kepala OIKN dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.

IKN NUSANTARA – Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Rabu (17/5/2023).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut setelah Presiden Joko Widodo menunjuk Menko Marves menjadi Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Percepatan Investasi di IKN. Selain itu, Menko Marves ingin memastikan pembangunan infrastruktur prioritas sudah berjalan sesuai targetnya.

“Menko Marves ingin melihat kemajuan pembangunan Nusantara, serta membahas peluang-peluang investasi yang dapat segera direalisasikan di IKN,” ujar Kepala OIKN.

Dalam kunjungan ini, Menko Luhut yang didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan serta Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan mengawali kunjungannya ke Titik Nol Nusantara untuk berdiskusi dengan Kepala OIKN dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR dan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR. Kunjungan kemudian dilanjutkan menuju lokasi proyek Hunian Tapak Menteri, Sumbu Kebangsaan Barat, dan Istana Presiden.

“Satgas akan berperan mengkoordinasikan lintas kementerian/lembaga, sesuai dengan peran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Kami akan mengecek kemajuan lapangan secara berkala,” ujar Menko Marves.

Sebelumnya, Kepala OIKN telah menyampaikan bahwa Presiden memerintahkan jajaran untuk mempercepat proses agar investasi di IKN dapat terealisasi sesuai dengan koridor dari peraturan perundangan yang berlaku, termasuk di dalamnya penyelesaian permasalahan pertanahan.

“Kita ingin agar segala sesuatunya clean and clear, istilahnya begitu, jadi yang akan ditawarkan kepada investor ini adalah tanah-tanah yang sudah matang dan kita ketahui harganya sehingga mereka bisa langsung menghitung,” ungkap Kepala OIKN dalam keterangan persnya seusai mengikuti rapat yang dipimpin oleh Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (15/05/2023).

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah membentuk satuan tugas yang diketuai Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Nantinya, tugas utamanya adalah untuk meningkatkan koordinasi  akan mengkoordinir interdept dan juga semua lembaga terkait sehingga proses percepatan investasi di IKN ini dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih efisien.

Turut hadir mendampingi bersama Kepala OIKN, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim, serta Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan OIKN Mia Amalia.

Penulis:

Hastag: