Kedatangan jamaah haji Indonesia di Arab Saudi 179.211 orang, PPIH siapkan kursi roda dan mobil golf di Armina

Jurnalborneo.com

Dodo Murtado Kordinator MCH PPIH Pusat, saat menyampaikan konferensi pers, Senin siang, 19 Juni 2023 di Media Center PPHI Pusat Jakarta.
Dodo Murtado Kordinator MCH PPIH Pusat, saat menyampaikan konferensi pers, Senin siang, 19 Juni 2023 di Media Center PPHI Pusat Jakarta.

JAKARTA – Terhitung sejak 23 Mei 2023 saat jemaah kali pertama masuk asrama haji operasional perjalanan ibadah haji masuk hari ke-28, berdasarkan data dari sistem informasi dan komputerisasi Haji terpadu (SISKOHAT) sejak tanggal 18 Juni 2003 pukul 24.00 WIB jumlah jemaah gelombang dua yang telah tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah berjumlah 76.121 orang atau 158 kelompok terbang.

Kedatangan Haji kuota tambahan di bandara AMA Madinah sebanyak 1.777 orang atau 6 kloter, selanjutnya jemaah haji tersebut akan di berangkat ke Makkah al-mukarramah untuk melaksanakan ibadah umroh wajib, sehingga total kedatangan jamaah haji Indonesia di Arab Saudi berjumlah 179.211 orang yang tergabung dalam 466 kelompok terbang.

Hal ini disampaikan Dodo Murtado Kordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat, Senin siang, 19 Juni 2023 di Media Center PPHI Pusat Jakarta.

Disampaikan Dodo jumlah jemaah haji khusus yang tiba di Madinah berjumlah 8.360 orang yang tergabung dalam 92 penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK).

Lebih detail Dodo Murtado menyampaikan, untuk jemaah dan petugas yang masuk asrama haji hari ini (Senin, 19 Juni 2023), selanjutnya diberangkatkan ke tanah suci berjumlah 6.344 orang atau 16 kelompok terbang, dengan rincian sebagai berikut :

1. Embarkasi Batam (BTH) 374 orang (1 kloter)
2. Embarkasi Padang (PDG) sebanyak 363 orang (1 Kloter)
3. Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 360 orang (1 kloter)
4. Embarkasi Jakarta Pondok Gede (CKG) sebanyak 314 orang (1 kloter),
5. Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 880 orang (2 kloter),
6. Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 720 orang (2 Kloter),
7. Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.750 orang (4 kloter)
8. Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 orang (1 Kloter)
9. Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 374 orang (1 koter), dan
10. Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 766 orang (2 kloter).

JAMAAH MENINGGAL

Duka kembali menyelimuti jamaah haji Indonesia, Terdapat jemaah yang wafat bertambah 5 orang. Namun hanya empat data yang disampaikan, yaitu atas nama :

1. Hasan Basri, usia 85 tahun dari embarkasi Medan (KNO-22),
2. Enoh Ajar Ramain, usia 58 tahun dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (CKG-44),
3. Satiyem Murngali Abdulloh, usia 86 tahun, dari embarkasi Medan (KNO-12),
4. Yeni Artati Raja Yusuf, usia 63 tahun dari embarkasi Batam (BTH-13)

“Sampai hari ini total jamaah yang wafat di Arab Saudi sebanyak 83 orang dengan rincian jamaah yang wafat di Makkah berjumlah 49 orang, di Madinah sebanyak 31 orang dan di Jeddah sebanyak 3 orang. Sesuai ketentuan jamaah yang wafat akan dibadal hajikan.” Jelas Dodo, sambil menyebutkan suhu di Makkah hari ini berkisar antara 32 derajat Celcius sampai 42 derajat Celcius.

PERSIAPAN PUNCAK HAJI

Puncak Haji tinggal hitungan hari sejumlah persiapan terus dilakukan oleh PPIH khususnya terkait pelayanan jamaah di Arafah Muzdalifah dan Mina atau Armuzna, khususnya pada fase Mina, jemaah harus jalan kaki ke Jamarat untuk lempar jumroh.

“Jarak tempuh terdekat antara tenda ke Jamarat sekitar 3 km kalau pergi-pulang maka Jemaah harus menempuh jarak kurang lebih 6 km. Sementara jarak terjauh untuk mencapai Jamarat itu 7 km dari tenda, kalau pulang pergi 14 km.” jelas Dodo.

Pada rute antara tenda jamaah di Mina ke Jamarat tersebut, menurut Dodo PPIH menyiapkan petugas layanan lansia yang ditempatkan di setiap titik, mereka akan dibekali dengan sejumlah perangkat termasuk 100 kursi rodan dan lainnya.

“Selama di Mina pihak Masyarif juga menyiapkan 15 mobil Golf untuk lansia juga bagi jemaah Risti atau risiko tinggi serta yang disabilitas. Fasilitas kursi roda dengan jumlah signifikan tersebut serta mobil Golf di Mina menjadi salah satu terobosan baru dan ikhtiar melayani jemaah khususnya jamaah lansia yang jumlahnya tahun ini mencapai kurang lebih 67 ribu jamaah.” Kata Dodo.

Momentum puncak haji terus dan harus dipersiapkan dengan baik tidak hanya oleh PPIH tapi juga menuntut kesiapan jamaah menyambut momen dalam Puncak Haji tersebut.

Dodo Murtado tidak henti-hentinya mengingatkan Kepada Jamaah haji agar sejak hari ini karenanya jemaah untuk fokus menjaga kesehatannya dengan baik, meminimalisasi aktivitas ibadah agar tidak kelelahan. Ibadah shalat lima waktu jamaah dapat melakukannya di Mushola hotel dan juga masjid terdekat di hotel, menjaga asupan makan dan istirahat secara teratur dan minum untuk menjaga hidrasi tubuh.

JATAH MAKAN DI MAKKAH

Selama di Mekkah, Dodo Murtado menjelaskan, jamaah mendapatkan tiga kali makan yaitu sarapan pagi, makan siang dan juga makan malam. “Tahun ini sarapan pagi yang diberikan kepada jamaah berupa nasi dan juga sejumlah lauk yang sudah ditentukan. Menu yang awalnya akan disajikan untuk sarapan pagi dalam bentuk roti, tahun ini diberikan berupa sarapan nasi, lauk dan ari mineral. Sarapan pagi berupa roti atau snack sudah dievaluasi hal itu tidak sesuai dengan kebiasaan jamaah haji Indonesia yang umumnya sarapan dengan nasi.” ungkapnya.

Penetapan menu makanan termasuk sarapan jamaah haji, disampaikan Dodo, sejak awal BPIH melibatkan tim pengawas katering mereka adalah ahli gizi yang dan juga dosen dari Sekolah Tinggi Pariwisata di Bandung. Pembahasan menunya juga melibatkan ahli gizi dari Kementerian Kesehatan.

“Berdasarkan penjelasan tim pengawas katering menu sarapan yang disajikan bagi jamaah ini setidaknya sudah memenuhi karbohidrat dan protein yang dibutuhkan jemaah untuk mendapatkan tenaga. Menu ini juga sudah melalui pembahasan dengan ahli gizi dari Kementerian Kesehatan.” Jelasnya.

Adapun 7 menu sarapan yang disajikan bagi jamaah yaitu :

1. Nasi kuning telur dadar daun bawang, cabe merah, Air Mineral.
2. Nasi uduk, orek tempe, cabe ijo, air mineral
3. Nasi goreng, teri kacang balado, air mineral
4. Nasi kuning, orak arik telur, cabe merah, dan air mineral
5. Nasi uduk, ayam goreng tepung, dan air mineral
6. Nasi goreng, orek tempe, cabe hijau, dan air mineral
7. Nasi kuning, teri kacang balado, dan air mineral.

“Kami mohon doa agar para tamu Allah ini senantiasa diberikan kekuatan kesehatan dan kemabruran dalam beribadah Haji sehingga dluyufurrahman ini, para tamu Allah hingga kembali ke tanah air dalam kondisi sehat dengan perolehan haji yang mabrur.” kata Dodo Murtado menutup keterangan persnya.(*)

Penulis:

Hastag: