8 Cara Menghafal dengan Cepat, Mudah, dan Efektif

Jurnalborneo.com

Foto: Freepik

Kemampuan menghafal dengan cepat, mudah, dan efektif penting bagi semua orang untuk meningkatkan produktivitas dan performa di kantor. Pelajar juga dapat memanfaatkan kemampuan ini untuk memahami pelajaran dengan lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi yang kesulitan dalam menghafal.

1. Mencatat Kata Kunci dan Poin-Poin Penting

Salah satu cara cepat menghafal yang pertama adalah dengan mencatat kata kunci dan poin-poin penting dari bacaan atau presentasi. Ini bisa dilakukan dengan menulis secara konvensional atau dengan menggunakan aplikasi notes di perangkat digital. Namun, menulis tangan lebih disarankan karena dapat meningkatkan daya ingat. Dalam mencatat, gunakan spidol berwarna untuk membedakan kata kunci dan poin-poin penting, sehingga lebih mudah dihafal dan diingat di otak.

2. Membaca Catatan Berulang Kali

Setelah mencatat dan menyimpan informasi yang penting, Anda perlu membaca catatan tersebut berulang-ulang. Untuk memaksimalkan cara menghafal dengan cepat ini, cari tempat yang tenang, bersih, dan nyaman seperti coffee shop, perpustakaan, atau pinggir kolam ikan. Lingkungan seperti itu dapat membantu otak menjadi rileks dan meningkatkan kemampuan mengingat.

3. Membuat Sesi Tanya-Jawab

Setelah mencatat dan membaca catatan beberapa kali, mintalah bantuan dari keluarga, teman, atau orang terdekat untuk membuat beberapa pertanyaan berdasarkan catatan yang telah Anda buat. Kemudian, jawablah pertanyaan tersebut dengan benar. Cara menghafal dengan cepat ini dapat membantu Anda memahami materi dengan lebih baik. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba cara ini.

4. Menghafal Bersama

Jika Anda masih kesulitan menghafal, coba bentuk kelompok belajar atau kelompok diskusi kecil dengan teman-teman. Ini adalah salah satu cara mudah dan efektif untuk menghafal. Menghabiskan waktu bersama teman-teman dalam suasana yang menyenangkan bisa membantu meningkatkan kemampuan mengingat. Di kelompok ini, Anda dapat meminta bantuan teman yang lebih menguasai materi untuk menjelaskan dan membantu Anda memahaminya dengan lebih baik.

5. Teknik ‘Jembatan Keledai’

Teknik “jembatan keledai” adalah salah satu cara menghafal dengan cepat yang menyenangkan dan efektif. Dengan menggunakan teknik ini, diharapkan Anda dapat dengan mudah mengingat sesuatu dengan cepat.
Sebagai contoh, jika Anda ingin menghafal beberapa nama bintang, seperti Sirius, Canopus, Arcturus, Alpha Centauri A, dan Rigel, Anda dapat mengambil huruf awal dari masing-masing nama tersebut dan membentuk sebuah kalimat atau kata-kata baru yang lebih mudah diingat, seperti ‘Sarah cinta Angga apapun rintangannya’. Dengan cara ini, diharapkan Anda dapat dengan mudah mengingat nama-nama bintang tersebut.

6. Fokus pada Satu per Satu Materi

Sebaiknya fokus terlebih dahulu pada satu materi untuk dihafal daripada mencoba menghafal beberapa topik materi dalam satu waktu. Hal ini dilakukan agar otak tidak teralihkan dan lebih mudah menghafal. Kemudian, setelah satu materi sudah benar-benar hafal, baru beralih ke materi selanjutnya. Lakukanlah cara menghafal dengan cepat yang telah dijelaskan sebelumnya secara perlahan dan fokus.

7. Buat Cerita

Membuat sebuah cerita pendek berdasarkan kata-kata yang ingin dihafal adalah salah satu cara menghafal dengan cepat yang memerlukan kreativitas. Meskipun begitu, cara ini terbukti efektif dalam membantu mengingat kata-kata tersebut di memori otak. Susunlah kata-kata tersebut secara teratur, tambahkan kata penghubung dan unsur cerita lainnya, sehingga membentuk sebuah cerita pendek. Dalam hal ini, Anda tidak hanya menghafal dengan cepat, tetapi juga meningkatkan kemampuan kreativitas Anda.

8. Visualisasi

Salah satu cara cepat menghafal adalah dengan memanfaatkan daya ingat visual otak kita. Dalam hal ini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat gambar-gambar visual dari hal-hal yang ingin dihafal seperti seri-seri mobil dari brand otomotif. Menggambar atau mencari gambar di internet bisa menjadi pilihan untuk membantu dalam menghafal. Lakukan secara teratur untuk hasil yang lebih optimal.

Penulis:

Hastag: